WARTADOKTER.COM – Penyebab Herpes Kulit yang Sering Diderita Kebanyakan Orang Penyakit herpes bukan jadi hal baru untuk sebagian orang. Penyakit ini mengakibatkan kulit merasakan luka melepuh, gatal, merah, dan berair. Herpes ialah penyakit kulit yang timbul karena serangan virus HSV. Penyakit herpes kulit dan herpes genatilia adalah jenis herpes yang sangat umum ditemui. Infeksi virus herpes yang mengakibatkan adanya luka di leher, di bibir, atau di bagian tubuh yang berbeda pasti mengakibatkan sensasi gatal terkadang disertai perih.

Herpes ialah penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung mengandung air secara berkelompok. Penyebab herpes kulit ialah karena virus herpes yakni virus HSV. Penyakit yang satu ini pun kadang dinamakan penyakit cacar oleh beberapa orang.

Jika diperhatikan, sekarang cukup sering bermunculan penyakit kulit yang serupa fenomena herpes. Bedanya, diakibatkan oleh hewan-hewan kecil yang menempel pada tanaman, kemudian terbang dan menempel di pakaian yang sedang anda jemur.

Penyebab Herpes dan Virus Herpes

Pada dasarnya, terdapat dua macam penyakit herpes, yakni Herpes Simplex dan Herpes Zoster. Keduanya sama-sama diakibatkan oleh virus herpes, namun fenomena herpes yang diperlihatkan oleh kedua jenis ini tidak sepenuhnya sama.

1. Herpes Simplex

Herpes simplex ialah tipe penyakit herpes yang mengakibatkan ruam dan luka melepuh di leher, lengan, dan di anggota tubuh lainnya. Penyebab herpes menurut virus yang menjadi pemicu penyakit ini:

HSV-1

Tipe 1 atau dikenal dengan Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), virus herpes ini menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 pada kenyataannya ialah infeksi yang paling umum.

Infeksi virus herpes tipe HSV 1 seperti herpes di leher, herpes serupa sariawan di mulut, dan ruam lepuh lainnya. Bisa diobati namun tidak dapat sembuh secara total sebab sewaktu-waktu bila tubuh lemah dapat muncul kembali.

Penyebab herpes ialah penyakit yang sangat berhubungan dengan masalah daya tahan tubuh, maka anda harus menjaga daya tahan tubuh supaya selalu prima. Ketika daya tahan tubuhmu prima, virus herpes bakal ‘berdiam’ di tubuh dan tidak menyebabkan fenomena gangguan kesehatan seperti gatal dan luka melepuh. Namun, saat daya tahan tubuh anda merosot, virus herpes ini kembali mengakibatkan luka yang menjadi merah, gatal, dan berair.

BACA JUGA:  5 Jenis Penyakit Dengan Ciri Bintik Merah di Payudara Yang Patut Diwaspadai

HSV-2

Penyebab herpes tipe lainnya di samping HSV-1 yaitu HSV-2. Penyebab herpes tipe 2, biasa dikenal dengan HSV-2 (herpes genitalis). Virus ini menyerang bagian tubuh dari pinggang ke bawah, seringkali bagian kelamin sampai-sampai biasa dinamakan dengan Herpes Genitalis. HSV-2 tidak dapat menular melewati udara, namun virus herpes ini dapat menular melewati hubungan seks.

Penyebab herpes ini dapat muncul di vagina, dubur, dan selangkangan. Inipun tidak dapat sembuh. Pada laki-laki, herpes ini dapat terlihat namun pada wanita tidak terlihat. Meskipun demikian, bukan berarti herpes genital ini tidak bisa menyerang perempuan. Meskipun tidak tampak secara langsung, wanita harus tetap memperhatikan sekali serangan infeksi virus HSV-2 ini.

Beberapa tanda yang bisa ditemukan saat seorang wanita terinfeksi virus HSV tipe kedua ialah rasa gatal yang tidak tertahankan pada miss V, keluarnya cairan dari bagian genital yang tidak biasa, terdapat benjolan di dekat alat genital, sakit ketika buang air kecil, dan terdapat luka di dekat alat kelamin atau anus.

2. Herpes Zoster

Penyebab herpes zoster juga disebutkan penyakit infeksi pada kulit yang menjadi lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) sebab virus penyebab herpes yang menyerang ialah sama. Bedanya, herpes zoster mempunyai ciri cacar gelembung yang lebih banyak dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, seperti di bagian punggung, dahi atau dada.

Proses penularan virus herpes zoster ini dapat melalui bersin, batuk, pakaian yang ternoda dan sentuhan ke atas gelembung lepuh yang pecah. Salah satu cara terbaik untuk menangkal tertular penyakit dari virus herpes zoster ini ialah dengan menjaga kebersihan barang sehari-hari, menjaga kondisi tubuh, dan meminimalkan kontak langsung dengan penderita yang sedang terpapar penyakit cacar air.

Gejala herpes ialah hal yang mesti diwaspadai supaya tidak menjadi semakin parah. Ciri-ciri yang timbul dari serangan virus herpes secara umum ialah demam, menggigil, sesak napas, dan nyeri di persendian.

Itulah penjelasan kami tentang Penyebab Herpes Kulit yang Sering Diderita Kebanyakan Orang. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda dan keluarga tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.