WARTADOKTER.COM – 5 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu Wajah yang cantik alami bebas jerawat menjadi investasi paling berharga bagi seorang wanita. Wajah yang terawat akan menambah kepercayaan diri, sebaliknya wajah yang penuh jerawat akan membuat pemiliknya minder. Salah satu jenis jerawat yang bandel dan sulit dihilangkan adalah jerawat batu. Jerawat batu biasanya berbentuk besar dan bisa menyebabkan peradangan jika tidak segera diatasi. Tidak heran jika kini banyak wanita yang ingin mencari cara alami untuk menghilangkan jerawat batu yang membandel.

5 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu

Jerawat batu bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya ketidakseimbangan hormon, keturunan, obat-obatan tertentu, stres, diet, polusi, debu, atau penggunaan kosmetik yang berbahan dasar minyak.

Meningkatnya hormon androgen dalam tubuh bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang bisa mengakibatkan tersumbatnya pori-pori wajah dan jerawat. Mereka yang biasanya memiliki kadar hormon androgen tinggi adalah remaja dan wanita yang sedang menstruasi, menopause, kehamilan, atau yang menderita sindrom ovarium polikistik. Meskipun demikian, penyebab jerawat batu yang pasti belum diketahui

Bagi Anda yang sudah memiliki jerawat batu, perlu melakukan perawatan ekstra untuk mengurangi peradangan dan mencegah perkembangan jerawat. Berikut ini 4 cara mengatasi jerawat batu secara alami yang bisa Anda coba:

  1. Baking soda

Cara mengatasi jerawat batu yang pertama adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda dipercaya mampu mencegah timbulnya jerawata dan menyembuhkannya. Caranya cukup mudah, tambahkan setengah sendok teh baking soda dengan air untuk membuat campurannya lebih kental. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalamnya.

Oleskan campuran ini pada area yang berjerawat dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Hal ini bisa membantu menghilangkan minyak berlebih dari area tersebut dan mencegah munculnya jerawat.

2. Kentang
Kentang memiliki kandungan alkali yang mampu menyingkirkan minyak yang menyumbat pori-pori wajah. Irislah kentang mentah hingga setengah bagian kemudian gosoklah kulit yang berjerawat dengan potongan kentang tadi. Selain dipotong, Anda juga bisa menggunakannya dengan membuat jus kentang. Oleskan pada kulit yang berjerawat, biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

BACA JUGA:  5 Tips Cara Merawat Wajah Yang Baik dan Benar Supaya Terlihat Cerah

3. Cuka sari apel
Ramuan dengan memanfaatkan cuka sari apel ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat batu. Kandungan asam di dalamnya diyakini memiliki efek antibakteri dan bisa melawan bakteri penyebab jerawat.

Penting untuk Anda perhatikan, hindari menggunakan cuka sari apel langsung pada kulit wajah. Campurkan terlebih dahulu dengan air dengan volume yang lebih banyak dari cuka sari apel. Hindari juga penggunaan cuka sari apel pada area kulit yang sensitif dan terdapat luka yang terbuka.

4. Telur

Putih telur dipercaya bisa untuk menghilangkan jerawat di wajah. Caranya bisa dengan mencampurkan putih telur dengan madu lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih. Dengan cara ini bisa untuk membuat kulit wajah bersih dari jerawat dan membuat kulit wajah lebih nyaman.

5. Lidah buaya

Bersihkan daging lidah buaya dari kulitnya dahulu, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat, lakukan cara menghilangkan jerawat batu ini secara rutin setiap pagi dan malam. Jika anda rutin melakukan cara ini maka jerawat bisa hilang dalam beberapa hari saja, kemudian bekas jerawat pun bisa hilang menggunakan lidah buaya.

Itulah penjelasan tentang 5 cara menghilangkan jerawat batu, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang kesusahan dalam mencari cara yang tepat untuk menghilangkan jerawat. Apabila Anda sudah mencoba beberapa cara di atas tapi belum berhasil, maka Anda harus datang ke dokter kulit atau ahli dermatologis untuk mendapatkan saran terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.