WARTADOKTER.COM – 5 Jenis Penyakit Paru Paru Yang Umum Diderita Oleh Manusia Paru-paru adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting di mana fungsinya untuk pernapasan manusia, sehingga tidak salah apabila paru-paru menjadi salah satu organ yang kerap sekali Rentan terkena berbagai macam penyakit sehingga hal ini haruslah anda ketahui. Paru-paru sendiri mempunyai fungsi untuk mengeluarkan karbondioksida atau CO2 dan juga mengeluarkan uap air atau H2O sehingga kerja paru-paru tidak ada hentinya Walaupun anda sedang tidur.

Pekerjaan salah satu organ vital manusia ini memang menjadi yang paling aktif dikarenakan di dalam paru-paru terjadi beberapa proses pertukaran antara gas oksigen dan juga karbondioksida, selanjutnya paru-paru bebaskan oksigen lalu sel darah merah menangkap karbondioksida sebagai hasil dari metabolisme tubuh manusia yang nantinya akan kembali dibawa ke paru-paru yang nantinya akan berujung melalui hidung yaitu bernapas. Namun Sangat disayangkan, ada beberapa jenis penyakit paru-paru yang memang umum diderita oleh manusia dari dulu sampai sekarang yang harus anda ketahui dan waspadai.

5 Jenis Penyakit Paru Paru Yang Umum Diderita Oleh Manusia

Dikarenakan fungsi paru-paru salah satu organ yang sangat penting untuk tubuh manusia, maka alangkah baiknya anda mengetahui apa saja jenis penyakit paru-paru yang bisa menyerang siapapun tanpa melihat batasan usia maupun jenis kelamin.

1. Radang paru-paru atau pneumonia

Radang paru-paru merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menular dan untuk sebabnya sendiri yaitu dikarenakan terjadinya infeksi karena paparan virus, bakteri, sampai jamur. Untuk gejala utama dari radang paru-paru, para penderita radang paru-paru akan batuk disertai dahak berdarah, sesak nafas, demam tinggi, kesadaran akan semakin menurun dan nyeri di bagian dada.

2. Legionnaries

Penyakit selanjutnya yaitu penyakit paru-paru makan bakteri legionella pneumophilia dimana bakteri ini akan mengakibatkan penyakit yang menyerang paru-paru dengan sangat cepat. Biasanya bakteri ini berada di pipa ledeng atau di genangan air dan untuk gejalanya sendiri, para penderita akan merasakan sakit perut, terserang diare, malahan yang paling parah Penyakit ini pun bisa mengakibatkan kematian terutama bagi mereka yang tidak mempunyai sistem kekebalan tubuh yang bagus.

BACA JUGA:  8 Hal Penyebab Nyeri di Ulu Hati Yang Patut Anda Ketahui

3. Tuber culosis atau TB

Penyakit paru-paru selanjutnya yang biasa menyerang manusia adalah penyakit tuberkolosis dimana Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi yang menyerang pada jaringan paru-paru dimana bakteri tersebut diketahui bernama bakteri mycobacterium tuberculosis. Gejala yang akan dirasakan bagi mereka yang mengalami penyakit TB salah satunya yaitu kekebalan tubuh akan langsung menurun, merasakan demam yang tinggi, batuk terus menerus tanpa henti, tubuh semakin melemah, dan nafsu makan akan semakin menurun.

4. Pneumotorak

Penyakit yang menyerang paru-paru itu penyakit pneumothorax di mana Penyakit ini terjadi ketika 1/2 membran pleura tertembus dan udara selanjutnya masuk ke dalam rongga pleura yang akan mengakibatkan paru-paru dan ketika banyaknya udara yang masuk ke dalam rongga namun tidak bisa keluar, maka tekanan di sekitar paru-paru makin meningkat dan bisa mengakibatkan kematian.

5. Sesak nafas

Penyakit terakhir yang termasuk jenis penyakit paru-paru diderita manusia yaitu sesak nafas atau yang biasa dikenal dengan asma. Penyakit ini adalah penyakit yang ditimbulkan akibat penyempitan saluran udara di daerah paru-paru malahan dari beberapa kasus yang terjadi, penyakit ini bisa sangat berbahaya bagi para penderitanya.

Penyebab asma sendiri kebanyakan diakibatkan oleh jamur yang berasal dari kotoran tungau atau debu yang ada di rumah, bisa diakibatkan alergi makanan maupun minuman, mengkonsumsi beberapa obat tertentu, infeksi saluran nafas, mengalami stress, dan beberapa kondisi lainnya.

Apabila anda semua mengalami gejala penyakit paru-paru maka sangat direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan sejak dini ke rumah sakit terdekat supaya hal ini bisa ditangani secara langsung oleh dokter sebelum pada akhirnya bisa berakibat parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.