WARTADOKTER.COM – 12 Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir Harus Anda Ketahui Bagi seorang ibu Baru ternyata untuk merawat bayi yang baru lahir pastinya bukan sesuatu hal yang mudah dikarenakan akan banyak sekali tantangan yang harus dilakukan bagi para ibu muda untuk menjaga sang buah hati agar terhindar dari beberapa penyakit yang biasa menyerang dan juga, bisa membuat bayi tetap nyaman dan selalu sehat.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips dan cara bagaimana merawat bayi yang baru lahir dan pastinya harus anda ketahui selaku ibu muda. Banyak sekali pertanyaan yang tidak diketahui oleh seorang ibu terutama ibu muda yang baru pertama kali mendapatkan bayi, mulai pertanyaan Bagaimana tips memandikan bayi yang baik, bagaimana merawat bayi yang baik, dan beberapa pertanyaan yang pastinya sangat penting untuk diketahui.

12 Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Untuk merawat bayi yang baru lahir memang bukan pekerjaan yang mudah dikarenakan selain Anda harus kontinyu dan juga teliti, bayi yang baru lahir berbeda dengan bayi yang sudah besar ataupun anak-anak karena mereka harus memperoleh perlakuan yang super extra dari seorang ibu supaya sang buah hati bisa tumbuh sehat dan juga cerdas.

Untuk lebih lengkapnya terkait Apa saja hal yang harus anda lakukan untuk merawat bayi, maka silakan membaca artikelnya di bawah ini!

Memberikan ASI eksklusif

Air susu ibu adalah makanan yang sangat eksklusif bagi bayi dikarenakan di dalam ASI mengandung zat kolostrum dan beberapa zat penting yang memang sangat direkomendasikan bagi bayi supaya bisa sehat dan terjaga imun.

Menjaga kebersihan badan, pakaian, dan tempat tidur bayi

Selanjutnya cara merawat bayi yang memang direkomendasikan yaitu jangan sampai lupa untuk menjaga kebersihan badan sang bayi di mana caranya Anda bisa Memandikan Bayi atau menyekap bayi yang baru lahir dua kali sehari. Silakan menggunakan produk khusus bayi yang memang aman mulai dari sabun mandi bedak sampai tisu basah.

Untuk masalah pakaian bayi pun haruslah diperhatikan dan selanjutnya tempat tidur bayi pun harus selalu bersih.

Merawat tali pusat bayi

Selanjutnya tips untuk merawat bayi yang baru lahir maka yang sangat direkomendasikan yaitu merawat tali pusat bayi dikarenakan biasanya tali pusat bayi akan Terlepas sendiri dalam waktu selama 4 hari akan tetapi yang harus anda ketahui anda bisa melakukan cara merawat tali pusat bayi diantaranya memastikan tali pusat dan area sekitar selalu kering dan juga higienis, menghindari tali pusat dari kotoran bayi, melakukan sterilisasi terhadap tali pusat bayi dengan kasa yang dibasahi alkohol 70% supaya tetap terjaga dengan baik.

Memilih kosmetik bayi yang baik

Bukan hanya orang dewasa ternyata untuk masalah perawatan bayi yang baru lahir memerlukan beberapa kosmetik diantaranya baby bath, baby shampoo, baby oil, baby powder, sampai hair lotion. Pilihlah produk kosmetik bayi yang memang aman dan direkomendasikan.

BACA JUGA:  4 Tips Menaikan HB Untuk Ibu Hamil Supaya Tidak Lemas

Menjaga kehangatan tubuh bayi

Untuk cara menjaga kehangatan tubuh bayi yang baru lahir anda bisa memakaikan bedong bayi sampai sarung tangan dan juga kaki dan pakaikan topi khusus bayi.

Memperhatikan kuku bayi yang baru lahir

Walaupun kuku bayi yang baru lahir akan sangat lembut dan juga tipis dan membuat orang tua tidak tega untuk memotongnya, demi kesehatan sang buah hati Maka perawatan kuku bayi pun harus diperhatikan dan disarankan memotong kuku bayi dengan alat pemotong khusus untuk bayi yang baru lahir supaya terhindar dari beberapa macam penyakit.

Memperhatikan pakaian dan popok bayi

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk merawat bayi yang baru lahir yaitu Selalu memperhatikan pakaian dan popok bayi salah satunya segera ganti pakaian apabila sudah kotor atau lembab dan bersihkan daerah bokong dan kemaluan bayi setelah bab atau bak.

Ritual tidur

Untuk bayi yang baru lahir maka hitungan tidur mereka adalah 16 jam sehari maka sangat direkomendasikan untuk memperhatikan hal tersebut. Ketika bayi memasuki usia 5 minggu maka mereka akan mempunyai pola tidur yang tetap di mana tidur mereka lebih awal di malam hari dan terbangun dua sampai tiga kali dan ritual ini pun bisa membantu bayi tidur lebih cepat dan berkualitas.

Mainan bayi yang baik

Fungsi mainan bukan hanya sekedar memberikan hiburan pada bayi akan tetapi mainan pun bisa memberikan pelatihan baik untuk otot mata supaya mereka lebih fokus dan lainnya, maka sangat direkomendasikan Pilihlah mainan yang tidak berbahaya dan mempunyai beberapa warna yang cerah.

Mengenali penyakit bayi yang baru lahir

Ada beberapa penyakit yang biasa terjadi pada bayi yang baru lahir di antaranya kolik, ruam popok, infeksi mata, hidung mampet, lidah berjamur, sampai demam pasca imunisasi maka beberapa penyakit tersebut harus diperhatikan oleh sang ibu dan sangat direkomendasikan untuk tetap mengikuti apa yang disuruh oleh pihak posyandu.

Menjaga lingkungan yang nyaman

Sangat penting bagi seorang bayi untuk mendapatkan lingkungan yang nyaman dimana lingkungan tersebut yaitu lingkungan yang tidak begitu ramai atau berisik, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, selanjutnya Anda harus memperhatikan terkait masalah cahaya lampu ataupun sinar matahari supaya tidak membuat bayi silau dan menjadikan rewel,

Mengajak bayi keluar rumah

Bagi Anda yang sedikit depresi dikarenakan bayi yang baru lahir suka rewel, maka salah satu tips yang bisa anda lakukan yaitu mencoba membawa bayi keluar rumah untuk berjalan-jalan seperti berjemur di pagi hari di halaman rumah ataupun anda bisa menyuruh orang yang anda percayai untuk mengambil alih tugas sementara waktu dalam menjaga sang buah hati saat bermain di luar rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.