WARTADOKTER.COM – 4 Tips Menaikan HB Untuk Ibu Hamil Supaya Tidak Lemas Bagi seluruh perempuan yang ada di dunia termasuk di Indonesia, menjadi seorang wanita yang sempurna dengan mempunyai anak dan keluarga adalah sebuah harapan yang sangat mereka idamkan, sehingga ketika seorang perempuan positif hamil maka hal tersebut menjadi di anugerah yang tidak terhingga yang diberikan oleh Allah SWT untuk para perempuan, karena mereka nantinya akan menjadi sosok perempuan yang sempurna dengan melahirkan seorang anak dan selanjutnya menjadikan anak mereka menjadi putra dan putri yang bisa berguna untuk keluarga, agama, dan negara.

Namun Sangat disayangkan, ada beberapa gejala yang biasa dialami oleh ibu hamil yang pastinya pernah dirasakan oleh semua perempuan yaitu merasa lelah sampai sakit kepala akibat kehamilan tersebut, salah satu penyebabnya dikarenakan HB atau hemoglobin yang rendah dan kebanyakan perempuan yang tidak suka bertanya kepada ahli akan sangat tidak tahu tentang HB tersebut. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas 4 tips menaikkan HB untuk ibu hamil supaya tidak lemas pusing dan sakit kepala.

Harus anda ketahui, apabila pada masa kehamilan ternyata terjadi peningkatan volume plasma darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan juga kebutuhan nutrisi lain untuk ibu dan janin. Akibat tersebut, terjadilah efek pengenceran atau dilusi yang menyebabkan anemia yang disertai kemunculan rasa pusing sampai mudah lelah.

Selanjutnya penyebab perempuan hamil dikarenakan kebanyakan kekurangan zat besi dan kekurangan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dan hal ini akan terjadi saat kehamilan perempuan tersebut dikarenakan yang dibutuhkan saat ibu hamil dipastikan akan meningkat sampai dua kali lipat dari 16 MG per hari menjadi 27 mg.

Selanjutnya anemia yang timbul pada ibu hamil bukan hanya terjadi dikarenakan kekurangan zat besi saja. Akan tetapi bisa diakibatkan karena asupan asam folat dan vitamin B12 yang terlalu berlebih sehingga menimbulkan anemia dan Berujung pada HB yang kurang.

BACA JUGA:  6 Jenis Makanan Terbaik Untuk Ibu Menyusui

4 Tips Menaikan HB Untuk Ibu Hamil Supaya Tidak Lemas

Anemia pada ibu hamil dipastikan akan sering terjadi namun anda tidak usah khawatir di mana Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini supaya bisa menaikkan HB lebih stabil.

1. Mengkonsumsi asupan vitamin C

Walaupun bagi anda semua yang kekurangan vitamin C tidak akan membuat anemia. Namun dengan menambah asupan vitamin C saat hamil bisa membantu dalam menyerap zat besi supaya bisa meningkatkan HB lebih stabil dan untuk vitamin C sendiri bisa anda dapatkan melalui beberapa buah-buahan yang rasanya sedikit asam seperti buah jeruk, buah strawberry, dan buah kiwi.

2. Menambah asupan vitamin B12

Untuk melakukan proses pembentukan sel darah merah yang benar-benar sehat, maka dipastikan Tubuh memerlukan vitamin B12 dikarenakan ketika kekurangan sel darah merah saat ibu hamil maka hal tersebut bisa meningkatkan risiko melahirkan prematur dan sangat berbahaya bagi ibu dan janin. Maka sangat dianjurkan Ketika anda hamil untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi vitamin B12 yang bisa anda dapatkan melalui kacang kedelai dan beberapa produk olahannya, selanjutnya mengkonsumsi daging merah dan susu.

3. Menambah asupan folat

Bagi perempuan yang sedang hamil maka dipastikan sangat membutuhkan banyak sekali folat dikarenakan jika mereka kekurangan vitamin tersebut maka bisa mengakibatkan banyak dampak negatif terutama tabung saraf yang gagal berkembang. Anda bisa mendapatkan asupan folat melalui beberapa ragam buah dan sayuran seperti sayur bayam, brokoli, sampai blewah. Selanjutnya bagi Anda yang ingin mengkonsumsi suplemen folat maka silahkan hal tersebut lakukan sesuai dengan resep dokter.

4. Menambah asupan zat besi

Bagi perempuan yang sedang hamil dan mengalami anemia maka hal pertama yang menjadi penyebabnya yaitu kekurangan zat besi sehingga untuk memperbaikinya atau menambah HB anda saat hamil, yaitu menambah asupan zat besi yang bisa anda temukan dari beberapa jenis makanan seperti daging sapi, kerang, brokoli, bayam, sampai sayur kol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.