WARTADOKTER.COM – 10 Indikator Keluarga Sehat Yang Harus Anda Ketahui Seperti diketahui apabila pada tahun 2017 yang lalu Kementerian Kesehatan RI langsung mengeluarkan sebuah gerakan yang dikenal dengan GERMAS atau singkatan dari gerakan masyarakat hidup sehat, di mana di dalam kegiatan tersebut keluarga sehat harus ada sedikitnya 10 sampai 12 indikator yang termasuk kedalam keluarga sehat yang ada dan diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 tahun 2016. Seluruh indikator ia nantinya akan menjadi patokan keluarga sehat sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Indonesia supaya menjadi keluarga yang tentram dan sejahtera.

Seperti dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum, untuk mendapatkan keluarga sehat dan sejahtera maka anda bisa melakukan beberapa hal yang akan kami bahas di bawah ini sedikitnya ada 10 indikator keluarga sehat yang nantinya bisa menjamin dan menjadi acuan untuk masyarakat banyak apabila keluarga tersebut memang keluarga yang termasuk sehat dan sejahtera. Dari beberapa indikator yang akan kami bahas, 5 kategori meliputi program seputar gizi dan kesehatan ibu dan juga anak dan selanjutnya pengendalian dua jenis penyakit yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular dan selanjutnya melakukan kegiatan kesehatan masyarakat, menjaga lingkungan rumah supaya tetap bersih dan juga membina kesehatan jiwa.

Indikator Keluarga Sehat

Bagi anda semua yang ingin mengetahui apa saja indikator atau Barometer keluarga sehat, maka alangkah baiknya untuk membaca artikel kami di bawah ini dan selanjutnya setelah anda mengetahui, silakan Anda menerapkan dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarga tercinta.

1. Keluarga sehat suka berpartisipasi dalam program Keluarga Berencana atau KB

Salah satu hal yang harus anda lakukan supaya termasuk keluarga sehat yaitu selalu berperan aktif dan berpartisipasi dalam program pemerintah yaitu Keluarga Berencana salah satunya mempunyai dua anak dengan alasan masalah kesejahteraan dan indikator ini menjadi salah satu barometer keluarga anda menjadi keluarga yang sehat.

2. Ibu melakukan persalinan di tempat kesehatan yang resmi

Selanjutnya indikator kedua yang termasuk keluarga sehat yaitu sangat dianjurkan kepada ibu hamil yang akan melahirkan untuk melakukan persalinan di fasilitas atau tempat kesehatan resmi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah seperti Puskesmas dan lainnya.

3. Bayi mendapatkan imunisasi dasar yang lengkap

Menjadi keluarga sehat pastinya sangat diidamkan oleh seluruh orang maka jika ingin mendapatkan keluarga sehat, sangat dianjurkan bagi anda seorang ibu untuk memberikan imunisasi dasar lengkap untuk sang bayi seperti salah satunya vaksin hepatitis B, dPT, vaksin polio, sampai melakukan vaksin campak.

BACA JUGA:  4 Bahaya Makan Terlalu Kenyang, Nomor 3 Mengakibatkan Diabetes

4. Bayi memperoleh ASI eksklusif

Selanjutnya indikator keluarga sehat yang harus anda ketahui yaitu seorang ibu haruslah memberikan ASI eksklusif kepada sang bayi minimal 6 bulan supaya bayi Anda mendapatkan asupan gizi terbaik yaitu air susu ibu.

5. Pertumbuhan sang bayi wajib dimonitor

Indikator kelima bukan oleh seorang ibu maupun orangtua yaitu untuk masalah tumbuh kembang bayi dan balita haruslah dimonitor dengan sangat baik di mana untuk pelayanan kesehatan tersebut minimal Anda harus lakukan 1 kali setiap bulan baik ke Puskesmas maupun tempat praktek yang sudah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah.

6. Bagi penderita penyakit dianjurkan berobat sesuai dengan ketentuan dan teratur

Mendapatkan keluarga sehat memang tidak mudah akan tetapi hal tersebut bisa anda wujudkan dengan memperhatikan keluarga, apabila ada keluarga yang sakit seperti mengalami tBC atau tuberkolosis dan penyakit tekanan darah tinggi juga beberapa penyakit lainnya, maka sangat dianjurkan untuk melakukan pengobatan secara teratur ke tempat yang sudah resmi baik Puskesmas maupun rumah sakit dan selanjutnya Anda mengikuti instruksi dokter terkait jenis makanan atau minuman apa yang dilarang, seperti salah satunya berhenti merokok sampai tidak boleh mengkonsumsi alkohol.

7. Keluarga bebas rokok

Untuk hal ini memang sangat susah dalam mendapatkan indikator kesehatan keluarga dikarenakan di beberapa masyarakat Indonesia bagi pria sangat suka sekali dengan rokok, namun bagi Anda yang ingin mendapatkan keluarga sehat memang sangat dianjurkan di dalam keluarga haruslah bebas dari rokok dikarenakan sangat berbahaya baik bagi perokok maupun yang Perokok pasif.

8. Keluarga yang tercantum dalam Kakak dianjurkan menjadi anggota JKN

Bagi anda semua yang sudah mempunyai anak dan tercantum di dalam KK Maka sangat dianjurkan untuk terdaftar menjadi anggota BPJS supaya Anda mendapatkan keluarga sehat.

9. Mempunyai akses air bersih, Jamban, dan air minum yang layak

Selanjutnya untuk mendapatkan keluarga sehat yang harus anda lakukan yaitu sangat dianjurkan untuk dirumah mempunyai air bersih baik untuk mandi sampai memasak, juga Anda pun harus menyediakan air minum yang layak untuk keluarga. Selanjutnya anda pun harus menyediakan jamban yang sehat sebagai sarana untuk membuang kotoran.

10. Keluarga sehat bebas dari gangguan jiwa

Selanjutnya menjadi keluarga sehat memang tidaklah mudah namun hal ini bisa dilakukan oleh siapapun salah satunya yang terakhir jadilah keluarga yang sehat dari gangguan jiwa seperti selalu beriman kepada Allah SWT dan juga bertaqwa, melakukan kegiatan sosial keagamaan dan lainnya, dan apabila ada keluarga yang mendapatkan gangguan jiwa Maka jangan sampai ditelantarkan namun dirawat dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.