WARTADOKTER.COM – Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Erisipelas Mirip Selulitis Salah satu penyakit yang harus anda waspadai dan bisa menyerang segala usia dan penyakit ini mirip sekali dengan penyakit selulitis yaitu penyakit erisipelas. Penyakit yang mirip sekali dengan infeksi kulit lain seperti cellulitis tersebut memang harus anda waspadai dikarenakan biasanya diakibatkan oleh sejumlah bakteri yang bisa merusak kulit lapisan luar maupun dalam.

Penyakit erisipelas merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri yang menyerang lapisan kulit terluar manusia dan biasanya terjadi di daerah tungkai dan lengan akan tetapi Penyakit ini bisa menyerang di daerah wajah. Penyakit yang mirip sekali dengan infeksi kulit seperti cellulitis tersebut nantinya akan menyerang pada lapisan kulit lebih luar dan lebih dalam, sehingga Penyakit ini harus Anda waspadai.

Untuk masalah gejala yang dialami para penderita erisipelas mirip dengan penderita selulitis diantaranya terjadi ruam kemerahan dengan permukaan tampak lebih menonjol dan hangat disertai nyeri ketika anda sentuh. Seluruh gejala tersebut bisa muncul dengan tiba-tiba dan berkembang hanya dalam beberapa saat saja dan penderita pun akan merasakan rasa yang tidak enak pada badan mereka malahan bisa disertai dengan demam sebelum ruam muncul.

Penyebab penyakit erisipelas

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan penyakit erisipelas diantaranya dikarenakan oleh bakteri bernama Streptococcus grup A, yang biasa mengakibatkan radang tenggorokan dimana bakteri ini sebetulnya biasa hidup di permukaan kulit dan tidak membahayakan manusia namun sangat berbahaya ketika masuk ke dalam kulit dan bakteri tersebut berada di luar kulit terbuka seperti kulit karena luka dan selanjutnya infeksi.

Selanjutnya penyebab lain yang mengakibatkan penyakit tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Terjadinya pembengkakan pada tungkai dikarenakan gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes dan gagal jantung.
  • Daya tahan tubuh manusia sedang menurun dikarenakan beberapa obat yang mereka pakai dalam penanganan kanker.
  • Ketergantungan pada alkohol dan obat-obat terutama obat yang disuntikan
  • Dikarenakan obesitas yang terlalu.
BACA JUGA:  Mengenal Ciri-ciri Sakit Tipes Yang Jarang Diketahui

Cara mengobati penyakit erisipelas

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab yang mengakibatkan penyakit erisipelas, maka alangkah baiknya anda mengetahui apa saja cara mengobati penyakit tersebut.

  1. Ketika anda mendapatkan gejala di atas maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter dan meminum obat yang diberikan oleh dokter
  2. Hampir Kebanyakan yang mengalami penyakit erisipelas harus Di opname dan dirawat inap
  3. Menggunakan antibiotik yang perlu dikonsumsi sampai 14 Hari
  4. Selalu menjaga area yang terserang penyakit lebih tinggi di bagian tubuh lain seperti tungkai dengan cara anda tidur menggunakan area kaki disangga dengan bantal karena hal ini dipercaya bisa membantu mengurangi bengkak.
  5. Memakai kompres dingin
  6. Mengoleskan lotion supaya kulit tetap lembab dikarenakan kulit kering dan pecah-pecah parah kondisi penyakit tersebut
  7. Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti Paracetamol ataupun obat yang mengandung ibuprofen yang sudah sesuai dengan ketentuan dokter.

Untuk mencegah datangnya penyakit erisipelas, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan diantaranya adalah selalu menjaga luka dalam kondisi bersih, selanjutnya Anda bisa menangani kondisi kulit sedini mungkin dengan melakukan pemeriksaan kepada dokter kulit, rajin mengoleskan pelembab untuk mencegah kulit pecah dan kering, dan yang terakhir sangat direkomendasikan untuk menghindari kebiasaan menggaruk-garuk kulit yang sedang sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.