WARTADOKTER.COM – 5 Risiko Hamil di Usia Muda Yang Patut Anda KetahuiKehamilan adalah salah satu kondisi yang memang sangat wajar dialami oleh perempuan yang normal dimana kehamilan tersebut bisa terjadi pada semua wanita yang sudah mengalami menstruasi dan aktif berhubungan seks terutama bagi mereka yang sudah menikah. Kehamilan Inipun bisa terjadi pada perempuan di bawah usia 19 tahun namun yang harus anda ketahui, ternyata hamil muda merupakan sebuah pilihan yang sangat tidak direkomendasikan dikarenakan kehamilan di usia muda bisa menimbulkan banyak sekali resiko baik yang ringan sampai yang berat.

Dari keterangan badan kesehatan dunia atau WHO, sedikitnya ada 5 resiko hamil di usia muda yang harus anda ketahui dimana kehamilan pada usia remaja ini menjadi salah satu penyebab utama kematian pada ibu dan juga bayi terbanyak di dunia. Malahan hal tersebut bisa memicu terjadinya peningkatan risiko komplikasi kandungan dan juga persalinan saat kehamilan yang terjadi di usia remaja di mana mereka masih belum siap untuk melahirkan sehingga banyak yang berujung kematian.

Risiko Hamil di Usia Muda

Untuk masalah resiko hamil di usia muda maka untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat penjelasan yang kami tulis di bawah ini.

Terlambat memperoleh perawatan prenatal

Hampir kebanyakan dari remaja yang hamil tanpa adanya perencanaan maka mereka akan merasa takut dan juga malu sehingga hal tersebut mengakibatkan cenderung untuk menunda dalam mencari informasi terkait masalah kehamilan. Pada kondisi tersebut pada umumnya bisa mengakibatkan hilangnya peluang perawatan prenatal atau awal kehamilan sehingga hal ini bisa mengakibatkan ibu dan janin lebih berpotensi mengalami gangguan kesehatan seperti salah satunya bayi prematur.

Anemia

Penyakit anemia merupakan sebuah kondisi dimana tubuh akan kekurangan sel darah merah dan ternyata kehamilan di usia belasan tahun bisa meningkatkan risiko gangguan anemia dan juga bisa mempengaruhi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

BACA JUGA:  Perkembangan Bayi Diusia 0 - 3 Bulan Yang Harus Diperhatikan Orang Tua

Hipertensi

Risiko gangguan selanjutnya yang bisa muncul saat kehamilan di usia muda yaitu terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi dimana kondisi ini bisa mengakibatkan masalah yang sangat serius dan berbahaya yaitu preeklampisa.

Apabila tidak secepatnya ditangani maka Penyakit ini bisa memicu komplikasi salah satunya kerusakan hati, kerusakan ginjal, sampai terjadinya masalah pada jantung untuk ibu hamil dan kelahiran prematur pada bayi.

Lahir prematur

Bagi bayi yang lahir sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu maka bayi tersebut termasuk bayi prematur dimana resiko ini akan lebih tinggi saat seorang perempuan hamil dibawah usia 19 tahun dan harus anda ketahui, apabila bayi prematur dapat mengalami banyak sekali masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan gangguan pencernaan dan banyak lagi.

Depresi pasca melahirkan

Selanjutnya yang sangat berbahaya ketika hamil di usia muda yaitu setelah melahirkan ibu akan terancam depresi apalagi bagi mereka yang usianya masih belasan tahun dimana depresi pasca melahirkan bisa mengakibatkan Bunda selalu sedih sehingga untuk rutinitas dalam perawatan sang bayi yang baru lahir akan terganggu dan sangat di sarankan jika depresi pasca melahirkan sebaiknya mencari bantuan kepada keluarga maupun dokter yang dipercaya untuk perawatan pada sang bayi.

Itulah penjelasan warta dokter terkait 5 risiko kehamilan di usia muda yang harus anda ketahui. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda dan keluarga, dan tetap berkunjung ke website kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar kesehatan dan kecantikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.