WARTADOKTER.COM – 3 Macam Sakit Mata Pada Bayi dan Cara Mengobatinya Bagi Bunda semua selaku orang tua bayi pastinya sangat sedih ketika melihat bayi Anda terkena penyakit termasuk salah satunya penyakit di bagian mata, maka sangat dianjurkan untuk mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana cara mengobati sakit mata pada bayi sesuai dengan penyebab yang mengakibatkan hal tersebut. Dengan mengetahui apa saja penyebabnya, maka anda pun bisa mencegah kondisi yang bisa membuat buah hati menjadi tidak nyaman tersebut dan membuat bayi tetap sehat terutama di bagian mata.

Seperti dikutip dari laman boldsky belum lama ini, sedikitnya ada 3 macam sakit mata pada bayi dan cara mengobatinya supaya gejala yang mengakibatkan mata bayi mengalami gangguan tersebut bisa hilang dan terobati. Untuk cara mengobati sakit mata pada bayi memang berbeda dari gejala yang akan kami bahas pada artikel kali ini, sehingga anda pun selaku Ibu sang bayi bisa melakukan langkah terbaik untuk mengobatinya.

3 Macam Sakit Mata Pada Bayi dan Cara Mengobatinya

Mata bintitan

Gejala pertama yang biasa menyerang bayi dan anak-anak bintitan dan biasanya akan ada sedikit benjolan di dasar bulu mata hal ini dikarenakan akar bulu mata sudah terinfeksi oleh bakteri sehingga mengakibatkan adanya benjolan dan penyakit ini memang tidak berbahaya akan tetapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada sang bayi.

Untuk pengobatan mata bintitan pada bayi, anda bisa mengompresnya dengan memakai kain berbahan flanel atau handuk yang halus, selanjutnya flanel atau handuk tersebut dicelupkan ke dalam air hangat dengan suhu yang sama saat dipakai ketika bayi mandi dan silakan lakukan Cara tersebut 5 sampai 10 menit dan anda bisa mengulangi sebanyak 4 kali setiap hari sampai bintitan mulai kempis atau mengeluarkan sedikit nanah.

BACA JUGA:  3 Cara Membantu Berat Badan Anak Supaya Ideal

Sangat tidak direkomendasikan untuk mengeluarkan nanah bintitan dengan cara dipencet akan tetapi anda bisa mengompresnya dengan cara di atas.

Kelenjar air mata tersumbat

Bagi bayi yang baru lahir, pada umumnya kelenjar air mata tersumbat akan terjadi dikarenakan kelenjar tersebut belum terbentuk secara sempurna dan biasanya untuk gejala sang bayi akan terus mengeluarkan air mata secara berlebih dan terjadinya pembengkakan dan kemerahan di kelopak mata.

Untuk mengobatinya biasanya anda tinggal melakukan perawatan alami yaitu dengan melakukan pijatan yang lembut pada kelenjar air mata bayi. Dan biasanya apabila dibawa ke dokter anda akan diberikan obat tetes mata yang memang sangat direkomendasikan untuk bayi dimana didalamnya mengandung antibiotik untuk mengobati penyakit tersebut.

Konjungtivitis

Selanjutnya yang mengakibatkan mata bayi mengalami gejala sakit mata, yaitu konjungtivitis dimana sebuah keadaan peradangan pada Lapisan membran yang mempunyai warna transparan yang terletak di bagian kelopak mata sang bayi tepat di bagian dalam dan area bola mata berwarna putih dan hal ini biasanya mata sang bayi akan terlihat memerah.

Warna merah pada mata sang bayi bisa muncul dikarenakan Pembuluh darah yang melebar saat terjadinya peradangan dan bisa diakibatkan karena bakteri maupun alergi pada bayi.

Untuk penanganan konjungtivitis, ada bisa memeriksakan bayi Anda ke dokter dan biasanya akan diberikan salep antibiotik dan obat tetes mata yang akan digunakan selama 7 hari, selanjutnya sangat dianjurkan Ketika anda meneteskan obat air mata maupun salep antibiotik untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Ketika anda menggunakan obat yang sudah diberikan oleh dokter maka sebaiknya langsung digunakan dan tidak boleh menggunakan sisa obat yang lama dan direkomendasikan memakai obat yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.