WARTADOKTER.COM – 6 Tips Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Yang Wajib Ibu Tahu Penyakit batuk dan pilek memang biasa terjadi pada siapa saja dan tidak mengenal usia termasuk bayi mungil kesayangan orang tua dimana sang bayi, yang mempunyai kondisi lebih rentan terkena batuk dan pilek tersebut apalagi ketika cuaca sedang tidak memungkinkan. Namun bagi ibu yang mengalami anaknya batuk dan pilek, ada sebanyak 6 cara untuk mengobati batuk pada bayi yang memang wajib Ibu ketahui.

Seperti dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum sedikitnya ada 6 tips cara mengobati batuk pada bayi yang wajib Ibu tahu supaya batuk tersebut bisa cepat hilang dan tidak membuat bayi kesayangan anda tersiksa karena batuk tersebut. Supaya pengobatan yang anda lakukan terhadap bayi tercinta mempunyai dampak efektif, maka sebelum anda memberikan obat bayi anda harus mengetahui jenis batu yang dialami oleh sang bayi terlebih dahulu sehingga Anda bisa mendeteksi penyebab awal dari terjadinya batuk tersebut.

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

Bagi para ibu yang ingin memberikan obat batuk kepada bayi maka sangat disarankan untuk membeli obat batuk sesuai dengan anjuran dokter dan tidak disarankan memberikan obat batuk bebas yang dijual di warung ketika bayi Anda usianya di bawah 3 tahun.

Untuk mengetahui gejala batuk pada bayi Anda maka anda harus bisa membedakan penyebab batu tersebut misalnya saja ketika bayi Anda mengalami batuk kering tanpa disertai dahak maka biasanya hal tersebut terjadi karena flu ataupun alergi, selanjutnya ketika bayi Anda batuk berdahak maka hal ini diakibatkan karena terjadinya gangguan pada sistem pernapasan dan adanya infeksi bakteri.

Untuk mengobati batuk pada bayi anda, apakah Anda bisa melakukan 6 tips di bawah ini.

Tidur menggunakan bantal tambahan

Tips yang bisa anda lakukan supaya meredakan batuk pada anak anda yaitu tidur dengan sedikit miring ke atas Di mana posisi kepala lebih tinggi dibandingkan bagian tubuh yang lain maka hal ini bisa membantu dalam meredakan batuk dan salah satunya Anda bisa menambahkan bantal saat anak tidur.

Memberi air garam

Obat tetes saline atau air garam saat ini sudah tersedia di apotek atau Anda bisa membuatnya dengan mencampur air dan garam yang dibuat sendiri di rumah di mana campuran air bercampur garam tersebut bisa melegakan nafas bayi dan meredakan batuk.

BACA JUGA:  4 Tips Menaikan HB Untuk Ibu Hamil Supaya Tidak Lemas

Untuk caranya sendiri saat anda memberikan air garam pada bayi yaitu sebagai berikut:

  • Silakan bandingkan bayi dengan posisi telentang
  • Beri 3 tetes air garam di tiap lubang hidungnya dan biarkan selama 10 detik dan andapun harus menjaga kepala bayi untuk tidak bergerak terlalu banyak.
  • Silakan ada tekan bola hisap atau bulb syringe dan masukkan ujungnya ke hidung bayi lalu lepas tekanan dimana lendir akan tersedot ke dalam bola
  • Selanjutnya buang lendir dari bola hitam sebelum memakai kembali pada lubang hidung selanjutnya.

Memberikan satu sendok madu untuk bayi berumur lebih dari 1 tahun

Apabila bayi Anda mengalami batuk maka bisa diobati dengan memberikan satu sendok madu namun sangat dianjurkan untuk bayi lebih dari 1 tahun dan tidak diperbolehkan untuk bayi dibawah umur 1 tahun.

Bayi harus mendapatkan cairan cukup

Selanjutnya tips keempat lakukan supaya bisa meredakan batuk bayi yaitu memperbanyak asupan cairan dikarenakan hal ini diklaim bisa meredakan batuk dan juga pilek pada bayi dimana cairan tersebut termasuk air sub dan juga ASI.

Udara lembab

Ternyata bagi bayi yang bernapas di udara lembab bisa membantu saluran pernapasan lebih rileks sehingga dapat meredakan batuk dan anda pun bisa mencobanya di rumah dimana anda bisa membawa bayi ke kamar mandi selama beberapa menit dan silakan tutup pintu dan biarkan bayi menghirup udara ruangan yang lebih lembab dikarenakan uap aliran air hangat bisa meredakan batuk dan pilek.

Memperhatikan asupan makanan bayi

Tips terakhir yang bisa anda lakukan supaya dapat meredakan batuk dan pilek pada bayi yaitu dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh bayi tercinta dimana untuk bayi diatas 6 bulan sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan disertai dengan ASI dan ketika anda ingin mendapatkan pengobatan batuk pada bayi maka sangat direkomendasikan memberikan asupan makanan yang sesuai salah satunya mempunyai tekstur lembut seperti puding sampai kaldu ayam.

Selanjutnya ketika bayi mengalami batuk maka haruslah di kurangi asupan Produk susu seperti susu keju dan yoghurt karena semuanya bisa mengentalkan dahak pada bayi sehingga tidak direkomendasikan dikonsumsi ketika bayi batuk.

Itulah penjelasan kami tentang 6 tips cara mengobati batuk pada bayi yang harus Ibu ketahui, semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk anda semua dan selamat mencoba dan semoga bayi tercinta Anda bisa sehat seperti sedia kala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.